TUGAS
KEWIRAUSAHAAN
IDENTIFIKASI BEBERAPA JENIS USAHA DAN
SKALANYA SERTA POTENSI USAHA YANG ADA DI DAERAH LOKAL
Di Susun Oleh
Nama :Hanis
Nuraini
NIM. :C31120062
Gol. :
A
Dosen : Ir. Wahjoe Widhijanto B, M. Si
PROGRAM
STUDI PRODUKSI TERNAK
JURUSAN
PETERNAKAN
POLITEKNIK
NEGERI JEMBER
TAHUN
2013
Identifikasi Beberapa Jenis Usaha Dan Skala
Usahanya Serta Potensi Usaha Yang Ada di Daerah Lokal
Di
daerah Banyuwangi bagian selatan tepatnya di kecamatan Tegaldlimo memiliki
jalan akses menuju tempat wisata yaitu Taman Nasional Alas Purwo. Di jalan
tersebut terdapat berbagai toko atau warung yang menjual berbagai bahan yang
menjadi chiri khas dari masing-masing usaha. Berdasarkan survey yang telah di
lakukan, saya mendata berbagai jenis dan skala usaha yang berbeda antara satu
dengan yang lainnya, mulai dari usaha kecil, menengah, hingga usaha besar.
Berbagai usaha tersebut meliputi:
v Usaha Produksi tahu
Usaha
ini merupakan usaha rumah tangga berskala kecil. Usaha yang didirikan dua belas
tahun lalu, yaitu tahun 2000 .Ibu Jumini sebagai pemilik usaha pembuatan tahu
yang keseharian prosesnya di bantu oleh suaminya sendiri beserta anak-anaknya. Tahu
yang di produksi berasal dari bahan baku kedelai hasil pembelian dari
masyarakat setempat juga beberapa distributor yang sudah menjadi langganan
beliau. Tahu yang sudah jadi tersebut dilanjutkan dengan proses penggorengan,
jadi beliau menjual tahu mentah beserta hasil gorengnya ke pasar yang ada di
wilayah tegaldlimo setiap pagi. Namun beliau juga menerima pesanan dan
pembelian di rumahnya.
v Usaha penjualan mie ayam
Di
daerah tegaldlimo, terdapat warung yang menjual menu utama mie ayam yang di
beri nama “Mie Ayam Solo Tunggal Rasa”
berdiri pada tahun 2009 dengan pemilik yang bernama Bapak Panut, orang asli
Solo. Skala usahanya merupakan skala menengah karena usaha tersebut tergolong
laris meskipun masih berumur 3 tahun dan rencananya beliau akan membuka cabang.
Bedanya dengan mie ayam lainnya yaitu rasa kuah yang lebih terasa dan tekstur dari mie tersebut lebih kenyal di
bandingkan dengan yang lain.selain rasanya yang unggul, porsi yang di sajikan
juga lebih banyak di bandingkan dengan yang lain. Bahan bakunya yaitu mie,
tidak membeli dari distributor melainkan membuat sendiri sehingga dapat di jual
dengan harga yang relatif murah dan terjangkau oleh berbagai kalangan
masyarakat.Kemungkinan hal ini merupakan salah satu faktor mengapa penjualan
mie ayam ini sangat lancar.
v Usaha penjualan Bakso
Tegaldlimo
adalah salah satu daerah yang di dominasi oleh para penjual berbagai menu
makanan, termasuk makanan yang paling umum seperti bakso.namun diantara
beberapa penjual bakso yang ada di tegaldlimo, terdapat warung bakso yang
paling di kenal masyarakat setempat, yaitu “Bakso Matahari” dengan
nama pemilik Bapak Sumanto ,orang asli Tegaldlimo. Di dirikan pada tahun 2000.
Hingga saat ini bakso matahari sangat di sukai para konsumen alasannya karena
selain ukuran yang lumayan besar, rasanya juga enak serta tekstur baksonya yang
empuk dan matang sampai ke dalam, dengan
lancarnya penjualan tersebut ,kini bapak Sumanto berhasil membuka cabang usaha
yang letaknya tidak jauh dengan induknya dan pengunjungnya tak kalah ramai.
Berdasarkan survey, usaha tersebut di golongkan dalam skala usaha besar.
Bukan hanya usaha di bidang pangan saja yang berkembang,di
Tegaldlimo juga banyak berkembang usaha seperti toko fashion,alat
elektronik,warnet,dan berbagai stationary lainnya. Diantara usaha-usaha
tersebut ternyata masih terdapat potensi usaha yang dapat dikembangkan di
daerah ini misalnya, usaha penjualan aneka macam kripik. Mengingat belum ada
usaha yang bergerak di bidang ini dan penduduknya yang dapat di bilang mayoritas
suka dengan camilan serta keadaan daerah yang masih termasuk pedesaan dengan
segmen pasar tertuju semua kalangan, usaha kripik sangat berpotensi untuk di
kembangkan.
Kita dapat menciptakan sesuatu yang berbeda dan unik, serta
dapat menarik minat konsumen sehingga dengan usaha yang mempunyai ciri khas tersendiri,
konsumen tidak perlu pergi ke tempat yang lain untuk membeli keripik yang mereka inginkan. Usaha “Rumah Keripik ”, di dalamya terjual
berbagai macam aneka keripik mulai dari kripik singkong,pisang, ubi, bekicot,
tempe, bahkan bisa juga keripik tahu. Semua kalangan masyarakat menyukai
keripik sebagai camilan sehari-hari, juga dapat pula di jadikan sebagai
oleh-oleh ketika berkunjung ke rumah kerabat. Keripik – keripik tersebut dapat
di sajikan dengan berbagai rasa, misalnya rasa pedas, manis,original, barbeque,
atau bahkan rasa special pedas manis. Di lihat dari segi harganya yang
terjangkau ,dapat di jamin penjualan tersebut akan dapat membuahkan hasil yang
maksimal. Usaha ini bertujuan untuk memudahkan para konsumen untuk membeli
aneka kripik sesuai selera yang di inginkan. Terlebih lagi untuk kripik tahu,
masyarakat setempat belum terlalu familiar dengan kripik ini.
Dengan adanya usaha ini di harapkan konsumen dapat mencoba
sesuatu yang baru yang bahan bakunya adalah bahan yang sesuai dengan lidah
mereka yaitu tahu. Untuk mencari bahan baku dari usaha kripik ini juga sangat
mudah di peroleh dari lingkungan sekitar, di karenakan banyak penduduk yang sebagian besar bertani menanam bahan-
bahan seperti singkong, ubi jalar, kedelai, bahkan beberapa orang mengisi waktu
luang di sela pekerjaannya dengan cara mencari bekicot yang ada di sawah maupun
di lingkungan sekitar rumah, bekicot tersebut di kumpulkan dan di jual pada
agen yang ada di Tegaldlimo.Jika dilihat dari segi bentuk, kita dapat
menciptakan bentuk yang berbeda dengan yang lain misalnya untuk keripik tahu
dapat di variasi dengan bentuk potongan dadu kecil-kecil atau bisa juga bentuk
tipis memanjang. Kemudian untuk masalah rasa, kita dapat menciptakan rasa baru
untuk kripik singkong rasa sapi panggang atau sambal balado. Berbeda dengan
kripik singkong yang beredar di pasaran saat ini yang hanya mengandalkan rasa
gurih dan pedas.
Pengembangan usaha dapat di mulai dengan membuat skala kecil
terlebih dahulu, seiring berkembangnya usaha dengan untung yang di dapat dan
modal yang sudah kembali , kita dapat mengembangkannya menuju skala yang lebih
besar lagi.
0 komentar:
Posting Komentar