BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang
Dewasa ini
terdapat keterkaitan antara kemajuan teknologi dengan bertambahnya kebutuhan
manusia, yaitu kebutuhan manusia menjadi lebih mudah untuk dipenuhi. Secara
langsung maupun tidak manfaat dari berkembangnya teknologi adalah membantu
manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.Seperti program aplikasi Microsoft
Office, program ini sangat membantu mereka para pekerja kantoran, mahasiswa,
pelajar, dan masih banyak lagi.Salah satu bagian dari Microsoft Office adalah
Microsoft Office Excel atau disebut juga Lembar Sebar. Microsoft
Excel (MS-Excel) merupakan program aplikasi spreadsheet (lembar kerja
elektronik) canggih yang paling populer dan paling banyak digunakan saat ini.
Excel akan sangat membantu kita dalam hal menghitung, memproyeksikan,
menganalisa dan mampu mempresentasikan data dalam bentuk tabel dengan berbagai
jenis tabel yang disediakannya, mulai dari bentuk Bar, Grafik, Pie, Line dan
banyak lagi.
Dalam makalah ini kami menjelaskan
mengenai cara menggunakan Mikcrosoft Excel khususnya dalam dunia pendidikan.Karena
fungsi Microsoft Excel sangat berperan penting dalam dunia pendidikan khusunya
bagi para calon guru.Contoh bahwa Microsoft Excel sangat berperan penting dalam
dunia pendidikan misalnya dalam mengentri data – data nilai siswa,merangking
hasil belajar siswa,pembayaran SPP siswa,presensi kehadiran,dan lain – lain.
Dengan alasan tersebut kami menyusun makalah Microsoft Excel ini demi menunjang
bagaimana cara menggunakan Microsoft Excel.Dengan demikian pembaca dapat
menggunakan makalah ini sebagai tuntunan dalam mempelajari Teknologi Informasi
khususnya dalam bidang Microsoft Excel.
1.2 Tujuan
Setelah mempelajari makalah ini,
pembaca diharapkan untuk dapat :
1. Memahami
cara memulai, menjalankan, dan mengakhiri perangkat lunak Microsoft Office
Excel.
2. Mengoperasikan
fungsi menu-menu dari microsoft exel.
3. Menggunakan
rumus dan fungsi pada microsoft exel
4. Mengoperasikan
perintah cetak pada microsoft exel.
5. Mampu
menggunakan/mengaplikasikan penggunaan Microsotf Office Excel dalam kehidupan
sehari-hari.
1.2 Manfaat
Setelah mempelajari modul ini, peserta didik
diharapkan untuk dapat:
1. Memahami
cara mengoperasikan microsoft exel.
2. Menghindari
kesalahan editing dalam pengoperasian microsoft exel.
3. Mengoperasikan
fungsi menu-menu yang ada pada microsoft exel.
4. Menggunakan
rumus dan fungsi mencetak hasil pengolahan dari kinerja microsoft exel.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Program Microsoft Excel
Microsoft Excel merupakan perangkat lunak untuk mengolah data secara
otomatis meliputi perhitungan dasar, penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan
grafik dan manajemen data. Perangkat lunak ini sangat membantu
untuk menyelesaikan permasalahan administratif mulai yang
paling sedernaha sampai yang lebih kompleks.
Permasalahan sederhana tersebut misalnya membuat rencana kebutuhan barang
meliputi nama barang, jumlah barang dan perkiraan harga barang. Permasalahan
ini sebenarnya dapat juga diselesaikan menggunakan Microsoft Word karena hanya
sedikit memerlukan proses perhitungan, tetapi lebih mudah diselesaikan dengan
Microsoft Excel. Contoh permasalahan yang lebih kompleks adalah pembuatan
laporan keuangan (general ledger) yang memerlukan banyak perhitungan, manajemen
data dengan menampilkan grafik data pivot tabel atau penggunaan
fungsi-fungsi matematis ataupun logika pada sebuah laporan. Penyelesaian
permasalahan yang komplek juga dapat memanfaatkan pemograman macro yang
disediakan oleh Excel agar proses penggunaan lebih mudah. Saat ini program
microsoft exel merupakan program spreadsheet paling banyak digunakan oleh
banyak pihak, baik di platform PC berbasis Windows maupun platform Macintosh
berbasis Mac OS, semenjak versi 5.0 diterbitkan pada tahun 1993. Aplikasi ini
merupakan bagian dari Microsoft Office System, dan versi terakhir adalah versi
Microsoft Office Excel 2007 yang diintegrasikan di dalam paket Microsoft Office
System 2007 .
2.2
Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Excel Excel 2007
Microsoft exel 2007 memiliki berbagai fasilitas sehingga lebih sempurna
dibandingkan dengan versi sebelumnya. Fitur baru tersebut antara lain adalah
desain jendela (interface) Excel, jumlah baris dan kolom lebih banyak, format
file baru, penulisan formula lebih mudah.Office Themes dan Excel Styles,
pengurutan dan penyaringan data didesain lebih canggih, tampilan grafik yang
lebih variatif, Pivot Table lebih mudah digunakan dan sebagainya. Misalnya :
1. Jumlah kolom
yang tersedia di Excel 2007 adalah 16.384 yang dimulai dari kolom A hingga
berakhir di kolom XFD, versi sebelumnya hanya 256 kolom. Serta baris
dalam Excel 2007 sebanyak 1.048.576 yang dimulai dari baris 1 dan berakhir di
baris 1.048.576, versi sebelumnya 65.536.
2. Pada Excel
2003, jumlah sel sekitar 16 juta, tapi pada Excel 2007, jumlah sel mencapai 17
miliar.
3. Memori yang
digunakan di dalam komputer, saat ini dapat sampai batas maksimal yang berlaku
di Microsoft Windows, sebelumnya hanya 1 megabyte.
4. Jumlah
kondisi pada fasilitas format kondisional, Excel versi terbaru ini hanya
dibatasi oleh kapasitas memori, sebelumnya hanya ada 3 kondisi.
5. Jumlah level
pada fasilitas Sort atau pengurutan data, saat ini sampai 64 level, bandingan
dengan versi sebelumnya yang hanya 3 level.
6. Maksimal
jumlah karakter dalam sebuah formula diperbolehkan sampai 8.000, sebelumnya
hanya 1.000 karakter.
7. Jumlah maksimal
argumen pada fungsi, versi terbaru ini membolehkan sampai 255 argumen,
sebelumnya hanya 30 argumen.
8. Maksimal
jumlah item yang dihasilkan dari perintah Find, kini mencapai 2 Milyar,
sebelumnya hanya 64.000.
9. Jumlah field
pada PivotTable dapat mencapai 16.000, sebelumnya 255.
10. Excel 2007
format yang paling populer dan fleksibel jadi sebagian besar software data
entry ada fasilitas konversi ke format excel atau format lain yang bisa dibaca
excel. Atau jika dibutuhkan kita bisa konversi balik dari excel ke software
statistik lainnya.
11. Dengan Pivot
Tables, kita bisa kerja lebih efektif karena semua tabel summary yang kita
rencanakan bisa kita buat dahulu walaupun data belum masuk semua. Setiap ada
data masuk otomatis pivot table akan me-refresh sehingga tabel akan terupdate
sendiri. Ini sangat berguna, kecuali kita jago membuat syntax dan saya yakin
banyak orang yang tidak hobby main syntax.
Kelemahan tentu Ada dan ini menjadi perhatian extra untuk menjaga kualitas
pengolahan data. Beberapa kelemahan Excel 2007 adalah:
1. Pivot tabel
yang menyertakan banyak kolom/pertanyaan menghasilkan tabel berupa crosstab
atau nested atau tersarang, banyak orang belum mampu membuat tabel dalam 1
pivot yang stack atau berjajar. Jadi mau tidak mau membuat 2 tabel pivot untuk
masing-masing pertanyaan/kolom. Kendalanya adalah kita harus memperhitungkan
jumlah kategori jawaban yang akan ditabelkan, karena pivot otomatis akan
menggunakan kolom dan baris baru ke samping/kebawah sehingga jika di samping
atau dibawah ada tabel pivot lain, maka akan error.
2. Untuk tabel
yang besar dengan ukuran file lebih dari 10MB, maka setiap editing/updating
data, maka secara default excel akan melakukan proses Workbook Calculating yang
kecepatannya tergantung dari processor dan ram komputer. Ini cukup memakan
waktu pengolahan data.
3. Untuk
membuat kolom baru yang berisi pengkategorian dari sebuah kolom/jawaban
pertanyaan, atau membuat filter responden; kita harus membuat rumus excel baik
rumus matematika, logika maupun text. Banyak orang yang tidak suka dengan hal
ini karena di SPSS misalnya, kita dengan mudah untuk melakukan filter atau
pengkategorian jawaban baru.
2.3
Istilah-Istilah Excel 2007
Microsoft Excel merupakan perangkat
lunak untuk mengolah data secara otomatis meliputiperhitungan dasar, penggunaan
fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan manajemen data.Perangkat lunak ini sangat
membantu untuk menyelesaikan permasalahan administratif mulai yang paling
sedernaha sampai yang lebih kompleks.untuk lebih jelasnya fungsi-fungsi
tersebut di sampaikan pada paparan di bawah ini :
Istilah-istilah dalam Excel
a. Cell :
merupakan bagian terkecil dari worksheet yng dapat diisi dengan jumlah karakter
(max. 255 karakter) isi cell dapat berupa value, formula atau text. Contoh :
cell A3, cell D5.
b. Worksheet
(lembar Kerja) : merupakan kumpulan dari 256 kolom dan 65536 baris.
c. Workbook
(buku kerja) : merupakan kumpulan dari 256 worksheet (berlabel sheet1 sampai
sheet 256)
d. Range :
merupakan sekelompok cell yang akan mendapataksi sama sesuai perintah yang anda
jalankan. Pemberian alamat/ address dilakukan mulai dari cell sudut kiri atas
sampai cell sudut kanan bawah.Contoh : A4:D6 → range mulai dari cell A4 sampai
cell D6
e. Alamat
Relatif : merupakan alamat yang jika dituliskan kedalam bentuk rumus atau
fungsi akan berubah jika dicopy ke cell lain.
Contoh :
cell berisi formula A5*6 ,B3 dicopy ke C5 formula pada C5 berubah menjadi
B8*6f. Alamat Semi Absolut : merupakan alamat yang dituliskan
dengan tanda $ didepan baris atau kolomsehingga nilai tidak akan berubah.
2.4 Cara
kerja microsoft exel 2007
Unsur-unsur utama Layar Microsoft Excel 2007 terdiri
dari :
1. Row Heading (Nomor Baris)Row Heading (Kepala
garis), adalah penunjuk lokasi baris pada lembar kerja yang aktif.Row Heading
juga berfungsi sebagai salah satu bagian dari penunjuk sel (akan dibahas
setelah ini). Jumlah baris yang disediakan oleh Microsoft Excel adalah 65.536
baris.
2. Column Heading (Nomor Kolom)Column Heading (Kepala
kolom), adalah penunjuk lokasi kolom pada lembar kerja yang aktif. Sama halnya
dengan Row Heading, Column Heading juga berfungsi sebagai salah satu bagian
dari penunjuk sel (akan dibahas setelah ini). Kolom di simbol dengan abjad A –
Z dan gabungannya. Setelah kolom Z, kita akan menjumpai kolom AA, AB s/d AZ
lalu kolom BA, BB s/d BZ begitu seterus sampai kolom terakhir yaitu IV
(berjumlah 256 kolom). Sungguh suatu lembar kerja yang sangat besar,
bukan.(65.536 baris dengan 256 kolom).
3. Cell Pointer (Cell Aktif)Cell Pointer (penunjuk
sel), adalah penunjuk sel yang aktif. Sel adalah perpotongan antara kolom
dengan baris. Sel diberi nama menurut posisi kolom dan baris. Contoh. Sel A1
berarti perpotongan antara kolom A dengan baris1.
4. Formula Bar : tempat kita untuk mengetikkan
rumus-rumus yang akan kita gunakan nantinya. Dalam Microsoft Excel pengetikkan
rumus harus diawali dengan tanda ‘=’ . Misalnya kita ingin menjumlahkan nilai
yang terdapat pada sel A1 dengan B1, maka pada formula bar dapat diketikkan
=A1+B1 .
5. Help Bila kita ingin bertanya sesuatu,
maka ketik pertanyaan anda pada tempat tersebut. Ms Excel akan memberikan
alternatif jawaban terhadap pertanyaan yang dimaksud.
6. Judul menampilkan judul program dan
dokumen aktif atau nama file darilembar kerja yang aktif.
7. Office Button Berisi barisan perintah untuk
pengoperasian Program yang standar misalnya membuat dokumen baru, membuka
dokumen lama, menyimpan, mencetak dan mempublish dokumen.
8. Akses Cepat Toolbar (Quick Access Toolbar)Merupakan
sarana yang disediakan Microsoft Excel untuk mempercepat akses berkomunikasi
dengannya misalnyamenyimpan, mencetak dan sebagainya.
9. Toolbar Merupakan deretan tool-tool
(gambar-gambar) yang mewakili perintah dan berfungsi untuk mempermudah dan
mengefisienkan pengoperasian program.
10. LembarKerja(Workbook) : Baris
ini berisikan informasi halaman, section, letak
insertion point dan tombolpengendali.B. Memulai DokumenPada sub bab
ini, kitaakan membuatdokumensebagai contoh pengelolaan data sederhana.
11.
2.5
Penggunaan rumus dan fungsi exel
Macam-macam formula
a. =SUM(…)
Fungsinya : Untuk melakukan
penjumlahan
Bentuk umum :
=SUM(range sel)
Contoh : Misalkan kita akan menjumlahkan
dari sel H5 sampai sel H15
Penulisan : =SUM(H5:H15)
b. =COUNT(…)
Fungsinya : Untuk melakukan counter
Bentuk umum :
=COUNT(range sel)
Contoh : Misalkan kita akan
menghitung jumlah pegawai yang berada di sel B5 sampai sel B15
Penulisan : =COUNT(B5:B15)
c.
=MAX(…)
Fungsinya : Untuk mencari
nilai maksimum (terbesar)
Bentuk umum : =MAX(range sel)
Contoh :
Misalkan kita ingin menetukan nilai terbesar dari sederetan sel yang berada di
sel F1 sampai sel F17
Penulisan : =MAX(F1:F17)
d.
=MIN(…)
Fungsinya :
Untuk mencari nilai minimum (terkecil)
Bentuk umum :
=MIN(range sel)
Contoh :
Misalkan kita ingin menentukan nilai terkecil dari sederetan sel yang berada di
sel F1 sampai sel F17
Penulisan : =MIN(F1:F17)
e.
=AVERAGE(…)
Fungsinya : Untuk
mencari nilai rata-rata
Bentuk umum : =AVERAGE (range sel)
Contoh :
Misalkan kita ingin mengetahui nilai rata-rata dari sel A11 sampai A17
Penulisan :=AVERAGE(A11:A17)
f.
=ABS(…)
Fungsinya :
Untuk mengubah angka-angka yang ada dalam daftar argumennya menjadi bilangan
mutlak (absolut)
Bentuk umum : =ABS(range sel)
Contoh :
Misalkan kita bermaksud mengetahui secara mutlak dari sel yang kita aktifkan,
misal di sel F17
Penulisan :
=ABS(F17)
g.
=SQRT(…)
Fungsinya :
Untuk menghitung akar dari bilangan X. Bilangan X tidak boleh negatif
Bentuk umum : =SQRT(range sel)
Penulisan : =
SQRT(25)
h.
=IF(…;…;…)
Fungsinya :
Untuk mengecek apakah nilai yang kita gunakan sebagai kunci benar atau salah
(memenuhi syarat atau tidak)
Bentuk umum :
=IF(logical_test ; Value_if_true ; Value_if_false)
Contoh :
Misalkan kita akan membandingkan nilai di suatu sel yang berada di sel F17,
tentang kriteria siswa dinyatakan lulus atau gagal dengan ketentuan sbb.Jika nilai
rata-rata siswa lebih besar sama dengan 60, maka siswa dinyatakan LULUS,
dan sebaliknya.
Penulisan :
=IF(F17>=60:”LULUS”;”GAGAL”)
artinya jika kolom F17 lebih besar sama dengan 60, maka LULUS, jika kurang
dari 60, maka GAGAL
Keterangan :
Jika kondisi di sel F17 terpenuhi, maak kerjakan Value_if_true, jika
kondisi di sel F17 tidak terpenuhi, maka kerjakan Value_if_false
i.
=DATE(Year,Month,Date)
Fungsinya : Untuk
menghitung jumlah hari
Contoh :
=DATE(73,8,11) à 26887 hari
j.
=VLOOKUP
Fungsinya :
Untuk pembacaan suatu tabel secara vertikal
Bentuk umum :
=VLOOKUP(lookup_value; table_array; Col_index_num; Range_lookup)
k.
=HLOOKUP
Fungsinya :
Untuk pembacaan suatu tabel secara horizontal
Bentuk umum :=HLOOKUP(lookup_value;
table_array; Col_index_num; Range_lookup)
l.
=LEFT(…;…)
Fungsinya :
Untuk mengambil teks sejumlah karakter tertentu dari sebuah kiri
Bentuk umum :=LEFT(teks;jumlah
karakter yang diambil)
Contoh :
Misal kita akan mengambil karakter yang ada di sel F17 (Februari) sebanyak 3
huruf
Penulisan :
=LEFT(F17;3) à hasilnya Feb
m.
=RIGHT(…;…)
Fungsinya :Untuk
mengambil teks sejumlah karakter tertentu dari sebuah kanan
Bentuk umum :=RIGHT(teks;jumlah
karakter yang diambil)
Contoh :Misal
kita akan mengambil karakter yang ada di sel F17 (Februari) sebanyak 3 huruf
Penulisan :=RIGHT(F17;3)
à hasilnya ari
n.
=MID(…;…;…)
Fungsinya :
Untuk mengambil teks dari kedudukan tertentu dengan sejumlah karakter tertentu
Bentuk umum :=MID(teks;start_number;
number_char)
Contoh :
Misal kita akan mengambil karakter baru yang ada di sel F17 (Februari)
Penulisan :
=MID(F17:3:3)
BAB
III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Microsoft
Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja
spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk
sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS.Aplikasi ini memiliki fitur
kalkulasi dan pembuatan grafik yang baik, dengan menggunakan strategi marketing
Microsoft yang agresif. Selain meng-calculation dengan menggunakan penggunaan
Rumus dan Fungsi, Microsoft Excel 2007 juga dapat membuat data tabel yang bila
di-print akan menghasilkan hasil yang sama seperti pada Microsoft Word 2007.
Kita juga bisa membuat Header dan Footer pada lembaran kita, dan juga kita bisa
membuat sebuah grafikdataotomatis.
3.2 Saran
Makalah
Microsoft Excel 2007 ini masih jauh dari kesempurnaan. Karena itu ,saya
menerima kritikan, masukan, dan saran seputar materi yang disajikan dalam
makalah ini. saya harap, segala saran dan masukan akan menjadi pengayaan untuk
membuat makalah selanjutnya.
0 komentar:
Posting Komentar